Minggu, 08 April 2012

Fakta Unik Tentang Kentang



Sebuah kentang pasti sudah sering kita temui di kehidupan sehari-hari, baik dalam kondisi yang masih utuh belum diolah maupun sudah berupa olahan seperti keripik kentang, french fries, kentang rebus, snack dan sebagainya. Kentang sendiri banyak mengandung karbohidrat atau zat tepung sehingga bersifat mengenyangkan apabila dimakan. Berikut 5 Fakta Unik tentang tanaman kentang ini.



# Fakta Unik Tentang Kentang 1
Kentang merupakan makanan pokok nomor 4 di dunia setelah beras, jagung, dan gandum. Negara terbanyak yang mengkonsumsinya adalah Amerika Serikat. Rata-rata orang disana memakan kentang 60 kg per tahunnya.

# Fakta Unik Tentang Kentang 2
Kentang digolongkan sebagai sayuran. Umbi kentang sebenarnya hanya terdiri dari 20% bagian padat dan sisanya hanyalah air. Walaupun umbinya aman dimakan, tapi daunnya sangat berbahaya karena mengandung racun glycoalkaloid yang merupakan pertahanan alami kentang terhadap predatornya.
Wah, padahal keliatnnya segar... ternyata beracun..

# Fakta Unik Tentang Kentang 3
Kentang goreng atau istilah kerennya French Fries, pertama kali dihidangkan kepada Presiden Amerika Thomas Jefferson pada tahun 1801. Beliau sering menyantapnya ketika makan malam.
Nah, yang ini baru enak enak enak.... Rendra Like this!

# Fakta Unik Tentang Kentang 4
Pada tahun 1995, tanaman kentang dibawa ke ruang angkasa dengan pesawat ruang angkasa Columbia. Hal ini menjadi pertama kalinya dalam sejarah manusia membawa sesuatu yang dapat tumbuh dan dapat dimakan di ruang angkasa.

# Fakta Unik Tentang Kentang 5
Umbi kentang terbesar yang tercatat di Guinness Book of World Records adalah seberat 3,6 kg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar